MONEV PHBD KUNJUNGI SEKOLAH KOPERASI GULA KELAPA

Sabtu, 7 Desember 2013 Sekolah Koperasi Gula Kelapa Desa Krendetan yang dikelola oleh HMPS Akuntansi UMBY terpilih menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh tim reviewer PHBD Tahun 2013. Kunjungan ini merupakan agenda lanjutan dari agenda Monitoring dan Evaluasi PHBD yang pada hari sebelumnya telah dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Universitas Mercu Buana Yogyakarta bersama dengan peserta lain dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta dan Solo.

Tepat pukul 15.00 WIB tim reviewer yang dijemput oleh tim pelaksana Sekolah Koperasi tiba di Desa Binaan Sekolah Koperasi yaitu Desa Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Tim Reviewer terdiri dari 2 orang yaitu Bapak Tendy Y. Ramadin dan Ibu Marliana Sembiring. Dalam agenda kunjungan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini diisi dengan tanya jawab mengenai program Sekolah Koperasi yang telah terlaksana dan juga melihat langsung tempat produksi / pengolahan Gula Kelapa.

Ibu Musringah sebagai ketua Kelompok Usaha Bersama menyampaikan bahwa selama ini telah mengikuti dan menjalankan Sekolah Koperasi yang diselenggarakan oleh Mahasiswa UMBY dengan sungguh-sungguh. Namun beliau dan anggota kelompoknya masih tetap membutuhkan bimbingan lebih lanjut guna memajukan kelompoknya. “Kami sekarang telah mengadakan penjadwalan untuk pengolahan Gula Kelapa bagi para anggota kelompok. Hal tersebut merupakan salah satu hasil dari mengikuti program Sekolah Koperasi”, jelas Ibu Musringah.

Menurut Bapak Tendy Y. Ramadin pelaksanaan program Sekolah Koperasi sudah bagus, tinggal yang masih menjadi tugas mahasiswa yaitu untuk terus mendampingi kelompok ini supaya terus maju dan berkembang. Menurut beliau terus lakukan perluasan silaturahmi/jaringan untuk dapat menemukan peluang-peluang baru. Dan untuk keberlanjutan kelompok ini diperlukan motivasi, yang motivasi itu datang seiring dengan adanya daya tarik. Sehingga dalam kelompok ini diperlukan daya tarik supaya dapat memotivasi anggotanya untuk selalu melakukan yang terbaik bagi keberlangsungan kelompoknya. Salah satu contohnya adalah ketika apa yang dilakukan atau yang dikerjakan oleh Ibu-Ibu ini dapat menghasilkan uang yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, maka itu akan menjadi daya tarik dan secara langsung akan memotivasi Ibu-Ibu ini untuk terus mengerjakan dan mungkin juga akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha bersamanya sehingga dapat menikmati hasil yang lebih besar lagi dan dapat mensejahterakan banyak anggota / orang.

Bapak Tendy juga berpesan supaya kita mahasiswa harus terus dan lebih banyak lagi melakukan hal-hal yang dapat membangun dan membantu banyak orang lagi. “Terus lakukan hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang”, tegas beliau. (Kontributor : Erna Novitasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *